Selamat Datang di Website MIN 6 Alor | Madrasah Maju, Bertmutu, Mendunia

Bidang Kurikulum - MIN 6 ALOR

Header Ads



Info Terkini

Bidang Kurikulum

                                  KURIKULUM 2013

( K 13 )

MADRASAH  IBTIDAIYAH

BERKEUNGGULAN  ENTREPRENEURSHIP DAN  HAFIDZ

TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022

 

NAMA MADRASAH        :  MIN 6 ALOR

NSM                                   :  111153050006

NPSM                                 :  60722166

STATUS AKREDITASI     :  B / Tahun 2018

ALAMAT                           :  Jl. Cokoraminota

      Kalabahi

Disusun Oleh :

 Tim Pengembangan Kurikulum

  MIN 6 Alor

 

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA

     KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN ALOR

                          MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 6 ALOR

                                                    TAHUN 2021


 

A.         PENDAHULUAN

1.          Latar Belakang : Rasional Pengembangan Kurikulum

Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa, peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Akhlak mulia, sehat, berilmu, Cakap, Kreatif, Mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertangggungjawab. Untuk mendukung pencapaian Tujuan tersebut, pengembangan Kompetensi peserta didik serta tuntutan lingkungan harus diutamakan.

Kurikulum MIN 6 Alor, Kecamatan Teluk Mutiara Kabupaten Alor, disusun dengan mengacu pada standar isi (SI), Standar Kompetensi Kelulusan (SKL), sesuai Kurikulum Nasional 2013 yang telah ditetapkan oleh Pemerintah untuk menjamin Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional. Penyusunan kurikulum ini berpedoman Pula pada Panduan Penyususnan  kurikulum sesuai Permendikbud No. 6 Tahun 2014 dan Keputusan Menteri Agama Nomor 184 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada madrasah, dan Keputusan Menteri Agama 184 Tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang selanjutnya disebut Kurikulum MIN 6 Alor ini disusun untuk mewujudkan visi sekolah dengan mengakomodir potensi yang ada untuk meningkatkan kualitas satuan pendidikan, baik dalam aspek akademis maupun non akademis, memelihara, mengembangkan budaya daerah, menguasai IPTEK yang dilandasi iman dan taqwa dan berwawasan lingkungan, serta ramah bagi semua peserta didik ( Education For All ) yang mengacu pada visi dan misi pemerintah yaitu “ Tersedianya Pendidikan Bermutu Untuk Semua dan Berkelanjutan Yang Dapat Melahirkan Generasi Agamis dan Berkehidupan Yang Berkualitas.

Kurikulum MIN 6 Alor pada tahun pelajaran 2021 / 2022 menerapkan prinsip - prinsip pengembangan Kurikulum 2013. Adapun pengembangannya berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, berkarakter dan berbudi pekerti luhur dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab terhadap lingkungan. Pada kurikulum 2013 peserta didik diharapkan mempunyai ketrampilan abad 21 yang diistilahkan 4C yaitu Communication, collaboration, Critical Thinking and Problem Solving dan Creativity and Innovation).

Penguasaan ketrampilan 4C ini sangat penting khususnya di abad 21, abad dimana dunia berkembang dengan cepat dan dinamis. Untuk mewujudkan ketrampilan 4C itu diantaranya yaitu dengan adanya Integrasi PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) dalam pembelajaran terutama 5 karakter yaitu religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas serta Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang tidak hanya sekedar membaca dan menulis melainkan mencakup ketrampilan berpikir menggunakan berbagai sumber baik cetak, visual, digital dan auditori. Juga dalam pembelajaran menerapkan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) yaitu dalam pembelajaran memberikan pelatihan yang melatih kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitf yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi sehingga diharapkan peserta didik dapat bersaing dalam kancah dunia yang serba digital ini..

Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur, serta sesuai dengan visi MIN 6 Alor. Sesuai dengan Pemikiran tersebut diatas MIN 6 Alor berusaha menyusun Kurikulum Pengembangan semaksimal mungkin dapat  menampung semua Potensi  Stakeholder di MIN 6 Alor yang meliputi 3 Dokumen yakni Dokumen I Kurikulum MIN 6 Alor yang merupakan Gambaran Umum, Dokumen II Silabus dan Dokumen III RPP.

Penyusunan Kurikulum MIN 6 Alor mengacu pada Struktur Kurikulum 2013. Kurikulum ini disusun dengan melibatkan Guru, Komite Sekolah, Nara sumber, Tokoh Pendidikan Lainnya serta Kementerian Agama dan Dinas Pendidikan Kabupaten Alor sesuai kewenangannya.

2.          Tujuan

Tujuan penyusunan dan pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di MIN 6 Alor antara lain sebagai berikut.

a.  Sebagai landasan bagi siswa dalam belajar dalam menerapkan ajaran agama berdasarkan keimanan dan ketakwaan yang dibangun, mengembangkan diri berdasarkan ilmu dan pengalaman yang diperoleh, hidup rukun berdasarkan nilai-nilai sosial yang dimiliki, dan mandiri berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dipelajari.

b.  Sebagai seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman bagi sekolah dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran sehingga siswa memiliki kesempatan belajar untuk:

(a) beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

(b) memahami dan menghayati;

(c) mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif;

(d) hidup bersama dan berguna untuk orang lain; dan

(e) membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif,

      efektif, dan menyenangkan.

c.   Sebagai dokumen tertulis agar bisa dijadikan sebagai acuan bagi pendidik dan tenaga  kependidikan dalam mengembangkan kompetensi siswa sesuai dengan potensi daerah dan dan sumber daya yang dimiliki.

d.      Sebagai acuan pendidikan dalam memberikan layanan kepada masyarakat sesuai

       dengan potensi daerah dan sumber daya yang dimiliki.

B.      Karakteristik Madrasah

Kurikulum dikembangkan sesuai dengan Visi, Misi, Tujuan, Kondisi, dan Ciri MIN 6 Alor yang bernuansa Islami dan berkeunggulan Entrepreneuship serta Hafidz, oleh karenya Kurikulum pada MIN 6 memiliki karakteristik sendiri yang memuat beberapa hal yaitu:

1.       Profil Madrasah

1.        Nama Madrasah

:

MIN 6 Alor

2.        Nomor Statistik Madrasah

3.       NPSN                                         

:

:

111153050006

60722166

4.        Alamat

:

Jl. Cokroaminoto Kalabahi

-    Desa/Kelurahan                     

-    Kecamatan                             

-    Kabupaten/Kota         

-    Provinsi                      

-    Kode Pos        

-    Telp/Fax

:

:

:

:

:

:

Wetabua

Teluk Mutiara

Alor

Nusa Tenggara Timur

85819

082146427111 ( HP )

5.       Status Madrasah                    

:

Negeri

6.       Nama Yayasan          

:

Al-Mujahidin Alila ( ketika swasta )

7.       Nomor Akte Pendirian          

:

No 47 Tahun 1960

8.     Nomor SK. Penegerian

:

No. 731 2018

9.     Tahun Berdiri Madrasah       

:

1960

10.    Tahun Penegerian Madarasah

:

2019

11.    Luas Tanah

:

973m2

12.    Luas Bangunan

:

508m2

13.  Status Tanah

:

Bersertifikat

14.  Status Bangunan

:

Permanen ( Belum ada IMB )

15.  Status Akreditasi/Tahun

:

B ( Baik ) Denagn Nilai 84 / 2018

16.  Visi Madrasah

:

Terwujudnya Madarsah yang Berkualitas dan Menghasilkan Siswa yang Cerdas. Terampil Beriman dan Bertakwa.

17.  Misi Madrasah

:

1.       Menyelenggarakan pendidikan secara dinamis, fleksibel, terprogram selaras dengan perkembangan global

2.       Menciptkan suasana Islami di lingkungan madarsah

3.       Meningkatkan profesionalitas tenaga kependidikan

4.       Meningkatkan kompetensi perserta didik secara berkesenambungan dalam tiga ranah kognitif, psikomotor dan afektif.

5.       Mendapatkan prestasi dalam bidang olehraga, seni dan bentuk kompetensi lainnya

6.       Melanjutkan peserta didik agar dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih yang bermutu

18.  Tujuan Madrasah

:

 

a.     Tujuan Umum

 

:

Terselenggaranya pendidikan yang dapat meningkatkan generasi muda Islam ke masa depan yang lebih baik untuk mencapai tujuan masyarakat yang berakhlakul karimah

b.     Tujuan Khusus

:

1.   Siswa memperoleh nilai Ujian Nasional minimal 70,00 dan rata-rata nilai ujian Madrasah 80,00

2.   Seluruh warga Madrasah harus menerapkan akhlak yang Islami baik di dalam lingkungan Madrasah maupun di masyarakat

2.       Analisis Konteks

Penyusunan Kurikulum MIN 6 Alor didasarkan pada analisis konteks/ analisis SWOT Analisa potensi kekuatan / kelemahan yang ada di Madrasah.

ANALISIS SWOT

NO

ASPEK

KEKUATAN

KELEMAHAN

TANTANGAN

SOLUSI

1

Peserta didik

1.   Mayoritas Muslim

2.   Bermukim di seputar madrasah

3.   Semua bermukin di kota kalabahi

4.   Rata-rata memiliki orang tua yang berpenghasilan di atas 2 juta perbulan

 

1.    Minat membaca masih di bawah rata-rata

2.    Tidak ada kelompok belajar di rumah

3.    Masih ada orang tua yang belum peduli dengan tugas-tugas yang diberikan kepada siswa secara mandiri

4.    Kesibukan orang tua yang cukup tinggi dan kurang memperhatikan anak.

1.  Pembelajaran di kelas terganggu

2.  Tidak bisa belajar kelompok

3.   Orang tua tidak bisa membantu kesulitan belajar anaknya

4.   Masih ada beberapa anak yang absensinya tinggi

 

1.    Perlu melakukan koordinasi dengan orang tua/wali siswa untuk membantu kesulitan belajar anak

2.    Dibentuk kelompok belajar di rumah di bawah koordinasi guru -guru di Madrasah

3.    Guru secara intensif melakukan perkunjungan rumah

2

Pendidik

1.  Kepala Madarsah  memiliki strata S2

2.     100 % guru strata S1

1.     Kurang guru yang berkualifikasi sebagai Guru Kelas

2.     Guru PAI dan Guru Mapel yang mendominasi

3.     Kemampuan guru masi terbawa dengan kualifikasi maple bukan tematik.

1.      90 % guru betempat tinggal jauh dari Madrasah

2.      Masi ada yang hadir tidak tepat waktu

3.      Masi ada kecendrungan dengan gaya kerja kepemimpinan yang lama

1.     Mendorong untuk hadir di sekolah lebih awal lagi dari waktu yang telah ditentukan

2.     Lakukan pembinaan secara berkelanjutan terhadap guru yang sering terlambat

3.     Melakukan pembinaan dalam merubah cara berfikir, sikap dan prilaku

3

Tenaga ke pendidikan

1.     Ada 3 orang tenaga kependidikan

1. Kompetensi tenaga TU belum maksimal

2. Tidak ada tenaga pustakawan

1.  Pelayanan administrasi kurang lancar

2.  Pelayanan perpustakaan kurang profesional

1.     Perlunya mencari/ mengusul tenaga Pustakawan yang profesionl

2.     Mencari dan mengusulkan  tenaga tata usaha yang memiliki kualifikasi sebagai administrator.

4

Sarana dan Prasarana.

1.     Memiliki 7 ruang kelas yang kokoh dan memadai

2.     Memiliki Jaringan listrik berdaya 900 KW

3.     Memiliki 2 buah infokus yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran

1.     Ruang belajar yang masih kurang

2.     Belum memiliki gedung yang memadai untuk mendukung KBM

3.     Masih terdapat 3 lokal yang Rusak berat dan letaknya tidak sesuai

4.     Masih kurangnya lemari Arsip

 

1.Lingkungan madrasah kurang aman dari hilir mudik manusia karena berarea dipinggir jalan umum

2. Masih terdapat 3 lokal yang Rusak berat dan letaknya tidak sesuai

Sehingga menggangu kenyamanan siswa dalam belajar dan berinteraksi

3.Arsip masih belum tertata rapi

1.  Mengusul agar disediakan anggaran untuk pembangunan gedung yang memadai

2.  Mengusul untuk dilakukan pemutihan Gedung yang sudah rusak

3.  Mengusul untuk pengadaan lemari arsip dan sarana lain yang mendukung proses KBM pada madrasah

 

5

Biaya

1.   Mempunyai RKAM dari APBN

2.   BOS

3.   Komite

1.          Menajdi Madarasah marger

2.          Nilainya belum memadai

3.          Penyusunan RAPBM belum maksimal

1.    Banyak kebutuhan madrasah yang tidak bisa diakomodir

2.    Pagu UP tdk bisa maksimal sesuai kebutuhan

1.      Merencanakan semua kebutuhan dalam anggaran

2.      Memaksimalkan anggaran yang ada

6

Program

Memiliki Program kerja yang jelas

Tidak didukung dengan dana yang memadai

Program tidak dapat terealisasi dengan baik

Selalu berkoordinasi dengan instansi terkait

 

 

Analisa Peluang dan Tantangan yang ada dimasyarakat dan lingkungan sekitar.

NO.

 KOMPONEN

              PELUANG

        TANTANGAN

1.

Masyarakat pendukung sekolah

-    Masyarakat pendukung sekolah cukup memadai dan berada di lingkungan sekolah.

   Kurang  memahami pentingnya pendidikan anak

2.

 

 

Komite Madrasah

-  SDM  Cukup Baik

-  Struktur organisasi jelas.

-  Belum berperan secara maksimal karena kesibukan.

-  Belum punya ruang khusus,  sarana prasarana tidak ada.

3.

Dewan Pendidikan

-  SDM cukup

-  Punya program.

-  Kurang ada koordinasi dengan sekolah/pengurus Komite.

4.

Dinas Pendidikan.

-  Hubungan koordinasi berjalan baik.

 

-     Masih memila-mila antara sekolah dan Madrasah dalam kegiatan-kegiatan tertentu.

5.

Asosiasi profesi

-    Punya wadah  KKG dan  KKKS.

 

-  Pengurus belum berperan secara maksimal dan berkesinambungan.

-  Anggota kurang aktif di KKG dan KKKS.

6.

Dunia Usaha dan Dunia Kerja.

- Selalu berjajan

-  sudah memiliki Kantin namun belum  memadai karena tempat yang tidak strategis.

7.

SDA  dan Sosial Budaya.

-  Tersedianya halaman sekolah yang cukup.

-  Air bersih menggunakan  Sumur Bor

- Lingkungan kurang aman

- penggunaan Air yang belum maksimal karena kemampuan listrik yang rendah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.     Visi, Misi, Tujuan dan Program Prioritas/ Keunggulan

1.       Visi

Terwujudnya Madarsah yang Berkualitas dan Menghasilkan Siswa yang Cerdas. Terampil Beriman dan Bertakwa.

2.       Misi

a.       Menyelenggarakan pendidikan secara dinamis, fleksibel, terprogram selaras dengan perkembangan global

b.       Menciptkan suasana Islami di lingkungan madarsah

c.       Meningkatkan profesionalitas tenaga kependidikan

d.       Meningkatkan kompetensi perserta didik secara berkesenambungan dalam tiga ranah kognitif, psikomotor dan afektif.

e.       Mendapatkan prestasi dalam bidang olehraga, seni dan bentuk kompetensi lainnya

f.        Melanjutkan peserta didik agar dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih yang bermutu.

3.       Tujuan

MIN 6 Alor dalam mengelola pendidikan untuk mencapai visi dan misi tersebut diatas pada tahun pembelajaran 2020/2021 memiliki tujuan sebagai berikut:

a.       Dapat mengamalkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

b.       Dapat mengamalkan nilai-nilai tatakrama dan berbudi pekerti luhur

c.       Dapat mengamalkan kerpibadian yang demokratis, terbuka, dan patriotis.

d.       Memahami dasar-dasar Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni.

e.       Dapat mengamalkan sifat bertanggung jawab, dan rasa kesetiakawanan, sosial.

f.        Menumbuhkan cinta lingkungan

g.       Dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dan stekholder lainnya untuk mengembangkan madrasa ke arah yang lebih baik

h.       Dapat mendorong generasi yang Islami dan berintegritas tinggi

i.        Dapat mempersiapkan diri menjadi Peserta didik yang mandiri dalam kehidupan

j.        Dapat mengamalkan pola pikir yang beroreintasi masa depan.

k.       Dapat menegakkan Pancasila dan UUD 1945 serta NKRI

4.       Program Prioritas/ Keunggulan

MIN 6 Alor sebagai sebuah lembaga pendidikan telah cukup lama berdiri dan menunjukkan eksistensinya di dunia pendidikan. Meskipun demikian, kepercayaan pada lembaga pendidikan yang sudah tua bisa saja berubah, jika tidak ada perubahan-perubahan yang cukup mampu meyakinkan konsumen bahwa lembaga pendidikan ini menawarkan apa yang dibutuhkan zaman. Karenanya “Bertahan dari zaman dengan melakukan perubahan lebih baik daripada bertahan dengan apa yang ada dan tergerus zaman.”

Tujuan program pengembangan Mutu MIN 6 Alor  adalah:

1)     Meningkatnya manajemen dan mutu pendidikan

2)     Meningkatnya kinerja pendidik dan tenaga kependidikan

3)     Meningkatnya infrastruktur kependidikan di MIN 6 Alor

4)     Adanya sistem pendidikan yang tersistematis dan berkesinambungan

5)     Meningkatnya kepedulian orang tua terhadap anak didik

6)     Meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap pendidikan

7)     Meningkatnya moral anak didik dengan perilaku santun

8)     Meningkatnya prestasi siswa secara akademik

9)     Meningkatnya ketrampilan/ skill anak didik

10)   Terbentuknya kemampuan kepemimpinan pada anak didik

Sasaran program kerja ini adalah seluruh stake holder pendidikan, termasuk masyarakat dan wali siswa

Program dan Gambaran Program

a)    Perbaikan dan peningkatan manajemen pendidikan

Manajemen pendidikan meliputi kegiatan akademik dan non akademik. Kegiatan akademik meliputi pengelolaan anak didik menyangkut pengkondisian pra-belajar, proses belajar dan pasca belajar. Kegiatan non akademik terkait dengan manajemen peningkatan lembaga

b)    Peningkatan Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana yang memadai akan mampu meningkatkan prestasi anak didik. Lengkapnya sarana prasarana akan membantu pembelajaran siswa

c)     Adanya konsep kurikulum berbasis Islam

Kurikulum berbasis Islam yang dimaksud adalah tinjauan berbagai disiplin ilmu dengan pendekatan dari sisi Islam, sehingga ada perbedaan antara kurikulum yang ada di MI dan SD. Program ini membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup besar, sehingga dimungkinkan langkah-langkah yang bertahap

 

 

 

d)    Adanya pengembangan metode pembelajaran

Program Pengembangan metode pembelajaran diawali dengan kegiatan supervise dari Madrasah. Supervisi ini dalam rangka mengevaluasi dan meningkatkan kinerja guru, sehingga anak didik lebih menyenangkan dan menguasai dalam pembelajaran

e)    Peningkatan kinerja guru dan karyawan

Pendidik dan tenaga kependidikan berperan sangat penting dalam peningkatan mutu pendiidkan. Masing-masing saling melengkapi karena terkait degan manajemen pendidikan. Dengan peningkatan kinerja ini, guru dan karyawan bisa lebih baik dalam melayani kebutuhan anak didik

f)    Meningkatnya komunikasi sekolah-keluarga

Kerjsama madrasah dan keluarga sangat diperlukan dalam membentuk karakter anak didik. Kerjasama ini mamapu membangun anak didik secara mental khususnya, sehingga anak didik dapat menjadi anak yang memegang teguh nilai-nilai moral

g)    Adanya peran masyarakat dalam pendidikan

Masyakat adalah entitas dinamis yang memegang peran penting dalam hidup atau matinya sebuah lembaga. Kerjasama dan peningkatan kepercayaan terhadap lembaga pendidikan akan memperbesar lembaga pendidikan itu sendiri. Disamping itu, peran masyarakat sangat besar mengingat bahwa perkembangan anak didik sangat besar dipengaruhi oleh lingkungan

h)    Peningkatan nilai raport dan perilaku siswa

Prestasi siswa tercermin dalam nilai dalam raport. Nilai raport ini tidak hanya sekedar nilai kognitif saja, tetapi juga afektif dan psikomotornya. Arah pendidikan yang dimaksud disini kemudian adalah optimalnya kecerdasan-kecerdasan siswa

i)     Peningkatan prestasi siswa

Eksistensi lembaga dan siswa penting untuk ditunjukkan, disamping meningkatkan semangat dan kinerja lembaga, mencapai prestasi tertentu akan membuat lembaga pendidikan dapat meningkat

Waktu Dan Jangka Program

a)     Jangka Pendek

Jangka pendek program pendidikan berlangsung selama satu tahun. Target dari program satu tahun ini adalah

 

(1).  pembangunan internal dengan meningkatnya kedisiplinan siswa, guru, karyawan di MIN 6 Alor

(2). Pembenahan administrasi juga menjadi prioritas pertama sehingga tersedia data base yang mudah dan dapat diakses semua orang.

 (3). Eksistensi lembaga dengan adanya sosialisasi ke masyarakat tentang MIN 6 Alor, karena selama ini madarsah ini masi dikelola oleh masyarakat dalam bentuk swasta ( MIS  Al-hidayah Kalabahi ).

b)     Jangka Menengah

Program jangka menengah ini berlangsung selama tiga tahun. Menargetkan adanya sistem pendidikan yang tersistematis, actual dan mengarusutamakan (mainstreaming) hak anak dan moral. Mainstreaming yang dimaksud dilatarbelakangi oleh dekadensi moral anak yang terjadi pada masa sekarang. Bentuknya adalah pelaksanaan pembelajaran yang menyenangkan, namun punya arahan tertentu sehingga prestasi anak didik dapat meningkat

c)      Jangka Panjang

Program jangka panjang ini dilaksanakan selama satu dekade atau selama kepemimpinan yang ada saat ini. Langkah demi langkah dalam pelaksanaan program pengembangan mutu madrasah akan menciptakan

(1). Program pendidikan yang tersistematis

(2). Meningkatnya prestasi akademik dan non akademik siswa

(3). Meningkatnya prestise lembaga pendidikan

(4). Menjadi lembaga pendidikan yang bermutu dengan keunggulan Entreprenurship dan Hafidz

NO

PROGRAM

KEGIATAN

SASARAN

TANGGUNGJAWAB

ALOKASI DANA

Perbaikan dan peningkatan manajemen pendidikan

Penyusunan RAPBM

Kamad

Kamad

Lihat R-KAM

Pendataan Siswa baru

Siswa

TU

Lihat R-KAM

Pendataan alumni

Siswa

TU

Lihat R-KAM

Penyusunan Jadwal Pembelajaran

Siswa/ guru

Koordi. Pendidikan

Lihat R-KAM

Pendokumentasian Kegiatan Madrasah

Siswa/ guru/ karyawan

TU dan Koordinator-Koordinator

Lihat R-KAM

Peningkatan Sarana prasarana

Inventarisasi sarana prasarana madrasah

TU

TU

Lihat R-KAM

Pembangunan Ruang Belajar Baru Lantai II

Kamad

Kamad

Lihat R-KAM

Penambahan unit computer

Dan Infokus

Siswa

Koordi. Pendidikan

Lihat R-KAM

Pemasangan jaringan internet dan Wifi

Siswa

Koordi. Pendidikan

Lihat R-KAM

Penambahan sarana laboratorium IPA

Siswa

Koordi. Pendidikan

Lihat R-KAM

Penambahan ruang praktek Pembuatan Kue dan Panganan Khas Alor

Siswa

Koordi. Pendidikan

Lihat R-KAM

Adanya konsep kurikulum berbasis Islam

Fokus Group discussion

Guru

Koordi. Pendidikan

Lihat R-KAM

Revisi KTSP

Guru

Koordi. Pendidikan

Lihat R-KAM

peningkatan kinerja guru & karyawan

TOT untuk guru

Guru

Koordi. Pendidikan

Lihat R-KAM

Supervisi

Guru

Kamad

Lihat R-KAM

Penyusunan rumusan Pembagian tugas dan uraiannya

Guru, karyawan

Kamad

Lihat R-KAM

Pemberian penghargaan pada guru/ karyawan berprestasi

Guru

Kamad

Lihat R-KAM

Internalisasi nilai

Guru, karyawan

Kamad

Lihat R-KAM

Adanya komunikasi sekolah-keluarga

Pertemuan intensif dengan wali murid melalui wadah KOMITE Madarsah

Wali murid

Koordi. Pendidikan

Lihat R-KAM

Adanya peran masy dalam pendidikan

Rembug warga

Masyarakat

Koordi. Pendidikan

Lihat R-KAM

Meningkatnya nilai raport dan perilaku siswa

Optimalisasi peran Guru Kelas dan Guru PAI

Wali Kelas

Kamad

Lihat R-KAM

Pemberian reward & punishment

Siswa

Wali Kelas

Lihat R-KAM

Optimalisasi media ekskul, & pengembangan diri

Siswa

Koordi. Pendidikan

Wali Kelas

Lihat R-KAM

Adanya prestasi yang dicapai siswa

Pemberian reward & punishment

Siswa

Koordi. Pendidikan

Wali Kelas

Lihat R-KAM

Pendisiplinan

Siswa

Koordi. Pendidikan

Wali Kelas

Lihat R-KAM


Tidak ada komentar