Bidang Kurikulum
KURIKULUM 2013
( K 13 )
MADRASAH IBTIDAIYAH
BERKEUNGGULAN ENTREPRENEURSHIP DAN HAFIDZ
TAHUN PEMBELAJARAN
2021/2022
NAMA
MADRASAH : MIN 6 ALOR
NSM : 111153050006
NPSM : 60722166
STATUS AKREDITASI : B /
Tahun 2018
ALAMAT : Jl. Cokoraminota
Kalabahi
Disusun Oleh :
Tim
Pengembangan Kurikulum
MIN 6 Alor
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN ALOR
MADRASAH IBTIDAIYAH
NEGERI 6 ALOR
TAHUN 2021
A.
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang : Rasional Pengembangan Kurikulum
Kurikulum
dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa, peserta didik memiliki posisi sentral
untuk mengembangkan kompetensinya
agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
Akhlak mulia, sehat, berilmu, Cakap, Kreatif, Mandiri dan menjadi warga Negara
yang demokratis serta bertangggungjawab. Untuk mendukung pencapaian Tujuan tersebut,
pengembangan Kompetensi peserta didik serta tuntutan lingkungan harus
diutamakan.
Kurikulum MIN 6 Alor, Kecamatan Teluk Mutiara Kabupaten
Alor, disusun dengan mengacu pada standar isi (SI), Standar Kompetensi
Kelulusan (SKL), sesuai Kurikulum Nasional 2013 yang telah ditetapkan oleh
Pemerintah untuk menjamin Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional. Penyusunan
kurikulum ini berpedoman Pula pada Panduan Penyususnan kurikulum sesuai Permendikbud No. 6 Tahun
2014 dan Keputusan Menteri Agama Nomor 184 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan
Bahasa Arab pada madrasah, dan Keputusan Menteri Agama 184 Tahun 2019 Tentang
Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah.
Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang selanjutnya disebut Kurikulum MIN 6 Alor ini disusun untuk mewujudkan
visi sekolah dengan mengakomodir potensi
yang ada untuk meningkatkan kualitas satuan pendidikan, baik dalam aspek
akademis maupun non akademis, memelihara, mengembangkan budaya daerah,
menguasai IPTEK yang dilandasi iman dan taqwa dan berwawasan lingkungan, serta
ramah bagi semua peserta didik (
Education
For All )
yang mengacu pada visi dan misi pemerintah
yaitu “ Tersedianya Pendidikan Bermutu Untuk Semua dan Berkelanjutan Yang
Dapat Melahirkan Generasi Agamis dan
Berkehidupan Yang Berkualitas”.
Kurikulum
MIN 6 Alor pada tahun pelajaran 2021 / 2022 menerapkan prinsip -
prinsip pengembangan Kurikulum 2013. Adapun pengembangannya berdasarkan prinsip
bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya
agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak
mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, berkarakter dan berbudi pekerti
luhur dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab terhadap
lingkungan. Pada kurikulum 2013 peserta didik diharapkan mempunyai ketrampilan
abad 21 yang diistilahkan 4C yaitu Communication, collaboration, Critical
Thinking and Problem Solving dan Creativity and Innovation).
Penguasaan
ketrampilan 4C ini sangat penting khususnya di abad 21, abad dimana dunia
berkembang dengan cepat dan dinamis. Untuk mewujudkan ketrampilan 4C itu
diantaranya yaitu dengan adanya Integrasi PPK (Penguatan Pendidikan Karakter)
dalam pembelajaran terutama 5 karakter yaitu religiositas, nasionalisme,
kemandirian, gotong royong dan integritas serta Gerakan Literasi Sekolah (GLS)
yang tidak hanya sekedar membaca dan menulis melainkan mencakup ketrampilan
berpikir menggunakan berbagai sumber baik cetak, visual, digital dan auditori.
Juga dalam pembelajaran menerapkan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) yaitu
dalam pembelajaran memberikan pelatihan yang melatih kemampuan berpikir kritis,
logis, reflektif, metakognitf yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi
sehingga diharapkan peserta didik dapat bersaing dalam kancah dunia yang serba digital ini..
Untuk
mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik
disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta
didik serta tuntutan lingkungan yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur,
serta sesuai dengan visi MIN 6 Alor. Sesuai dengan
Pemikiran tersebut diatas MIN 6 Alor berusaha menyusun Kurikulum Pengembangan
semaksimal mungkin dapat menampung semua
Potensi Stakeholder di MIN 6 Alor yang
meliputi 3 Dokumen yakni Dokumen I Kurikulum MIN 6 Alor yang merupakan Gambaran
Umum, Dokumen II Silabus dan Dokumen III RPP.
Penyusunan Kurikulum MIN 6 Alor mengacu pada Struktur
Kurikulum 2013. Kurikulum ini disusun dengan melibatkan Guru, Komite Sekolah,
Nara sumber, Tokoh Pendidikan Lainnya serta Kementerian Agama dan Dinas
Pendidikan Kabupaten Alor sesuai kewenangannya.
2.
Tujuan
Tujuan penyusunan dan
pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di MIN 6 Alor antara
lain sebagai berikut.
a. Sebagai landasan bagi
siswa dalam belajar dalam menerapkan ajaran agama berdasarkan keimanan dan
ketakwaan yang dibangun, mengembangkan diri berdasarkan ilmu dan pengalaman
yang diperoleh, hidup rukun berdasarkan nilai-nilai sosial yang dimiliki, dan
mandiri berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dipelajari.
b. Sebagai seperangkat
rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara
yang digunakan sebagai pedoman bagi sekolah dalam menyelenggarakan kegiatan
pembelajaran sehingga siswa memiliki kesempatan belajar untuk:
(a)
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
(b)
memahami dan menghayati;
(c)
mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif;
(d)
hidup bersama dan berguna untuk orang lain; dan
(e)
membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif,
efektif, dan menyenangkan.
c. Sebagai
dokumen tertulis agar bisa dijadikan sebagai acuan bagi pendidik dan tenaga kependidikan dalam mengembangkan kompetensi
siswa sesuai dengan potensi daerah dan dan sumber daya yang dimiliki.
d.
Sebagai
acuan pendidikan dalam memberikan layanan kepada masyarakat sesuai
dengan potensi daerah dan sumber daya yang dimiliki.
B.
Karakteristik Madrasah
Kurikulum dikembangkan sesuai dengan Visi, Misi,
Tujuan, Kondisi, dan Ciri MIN 6 Alor yang bernuansa Islami dan berkeunggulan
Entrepreneuship serta Hafidz, oleh karenya Kurikulum pada MIN 6 memiliki
karakteristik sendiri yang memuat beberapa hal yaitu:
1.
Profil Madrasah
|
1.
Nama Madrasah |
: |
MIN
6 Alor |
|
2. Nomor
Statistik Madrasah 3. NPSN |
: : |
111153050006 60722166 |
|
4.
Alamat |
: |
Jl. Cokroaminoto Kalabahi |
|
-
-
Kecamatan -
Kabupaten/ -
Provinsi -
Kode Pos -
Telp/Fax |
: : : : : : |
Wetabua Teluk Mutiara Alor Nusa
Tenggara Timur 85819 082146427111 ( HP ) |
|
5.
Status Madrasah |
: |
Negeri |
|
6. Nama
Yayasan |
: |
Al-Mujahidin Alila ( ketika swasta ) |
|
7. Nomor
Akte Pendirian |
: |
No
47 Tahun 1960 |
|
8. Nomor SK. Penegerian |
: |
No. 731 2018 |
|
9. Tahun
Berdiri Madrasah |
: |
1960 |
|
10. Tahun Penegerian Madarasah |
: |
2019 |
|
11. Luas
Tanah |
: |
973m2 |
|
12. Luas
Bangunan |
: |
508m2 |
|
13. Status
Tanah |
: |
Bersertifikat |
|
14. Status
Bangunan |
: |
Permanen
( Belum ada IMB ) |
|
15. Status
Akreditasi/Tahun |
: |
B ( Baik ) Denagn Nilai 84 / 2018 |
|
16. Visi
Madrasah |
: |
Terwujudnya Madarsah yang
Berkualitas dan Menghasilkan Siswa yang Cerdas. Terampil Beriman dan
Bertakwa. |
|
17. Misi
Madrasah |
: |
1. Menyelenggarakan pendidikan secara dinamis,
fleksibel, terprogram selaras dengan perkembangan global 2. Menciptkan suasana Islami di lingkungan madarsah 3. Meningkatkan profesionalitas tenaga kependidikan 4. Meningkatkan kompetensi perserta didik secara
berkesenambungan dalam tiga ranah kognitif, psikomotor dan afektif. 5. Mendapatkan prestasi dalam bidang olehraga, seni dan
bentuk kompetensi lainnya 6. Melanjutkan peserta didik agar dapat melanjutkan ke
jenjang pendidikan lebih yang bermutu |
|
18. Tujuan
Madrasah |
: |
|
|
a. Tujuan
Umum
|
: |
Terselenggaranya pendidikan yang dapat meningkatkan
generasi muda Islam ke masa depan yang lebih baik untuk mencapai tujuan
masyarakat yang berakhlakul karimah |
|
b. Tujuan
Khusus |
: |
1. Siswa
memperoleh nilai Ujian Nasional minimal 70,00
dan rata-rata nilai ujian Madrasah 80,00 2. Seluruh
warga Madrasah harus menerapkan akhlak yang Islami baik di dalam lingkungan
Madrasah maupun di masyarakat |
2.
Analisis Konteks
Penyusunan
Kurikulum MIN 6 Alor
didasarkan pada analisis
konteks/ analisis SWOT Analisa
potensi kekuatan / kelemahan yang ada di
Madrasah.
ANALISIS SWOT
|
NO |
ASPEK |
KEKUATAN |
KELEMAHAN |
TANTANGAN |
SOLUSI |
|
1 |
Peserta didik |
1. Mayoritas
Muslim 2. Bermukim
di seputar madrasah 3. Semua bermukin di kota kalabahi 4. Rata-rata memiliki orang tua yang berpenghasilan di
atas 2 juta perbulan
|
1. Minat
membaca masih di bawah rata-rata 2. Tidak
ada kelompok belajar di rumah 3. Masih ada orang tua yang belum peduli dengan tugas-tugas yang diberikan
kepada siswa secara mandiri 4. Kesibukan orang tua yang cukup tinggi dan kurang
memperhatikan anak. |
1. Pembelajaran
di kelas terganggu 2. Tidak
bisa belajar kelompok 3. Orang
tua tidak bisa membantu kesulitan belajar anaknya 4. Masih
ada beberapa anak yang absensinya tinggi
|
1. Perlu
melakukan koordinasi dengan orang tua/wali siswa untuk
membantu kesulitan belajar anak 2. Dibentuk
kelompok belajar di rumah di bawah koordinasi guru -guru
di Madrasah 3. Guru
secara intensif melakukan perkunjungan rumah |
|
2 |
Pendidik
|
1. Kepala Madarsah memiliki strata
S2 2. 100 % guru strata S1 |
1. Kurang guru yang berkualifikasi sebagai Guru Kelas 2. Guru PAI dan Guru Mapel yang mendominasi 3. Kemampuan guru masi terbawa dengan kualifikasi maple
bukan tematik. |
1.
90 % guru
betempat tinggal jauh dari Madrasah 2. Masi ada yang hadir tidak
tepat waktu 3. Masi ada kecendrungan dengan gaya kerja kepemimpinan
yang lama |
1. Mendorong
untuk hadir di sekolah lebih awal lagi dari waktu
yang telah ditentukan 2. Lakukan
pembinaan secara berkelanjutan terhadap guru yang sering terlambat 3. Melakukan pembinaan dalam merubah cara berfikir,
sikap dan prilaku |
|
3 |
Tenaga ke
pendidikan |
1. Ada
3 orang tenaga kependidikan |
1. Kompetensi
tenaga TU belum maksimal 2. Tidak
ada tenaga pustakawan |
1. Pelayanan
administrasi kurang lancar 2. Pelayanan
perpustakaan kurang profesional |
1. Perlunya
mencari/ mengusul tenaga Pustakawan yang profesionl 2. Mencari dan mengusulkan tenaga tata usaha yang memiliki kualifikasi
sebagai administrator. |
|
4 |
Sarana dan
Prasarana. |
1. Memiliki
7 ruang kelas yang kokoh dan memadai 2. Memiliki
Jaringan listrik berdaya 900 KW 3. Memiliki
2 buah infokus yang bisa digunakan
sebagai media pembelajaran |
1. Ruang belajar yang masih kurang 2. Belum
memiliki gedung yang memadai untuk mendukung KBM 3. Masih
terdapat 3 lokal yang Rusak berat dan letaknya tidak sesuai 4. Masih
kurangnya lemari Arsip
|
1.Lingkungan
madrasah kurang aman dari hilir mudik manusia karena
berarea dipinggir jalan umum 2.
Masih terdapat 3 lokal yang Rusak berat dan letaknya tidak sesuai Sehingga menggangu kenyamanan
siswa dalam belajar dan berinteraksi 3.Arsip
masih belum tertata rapi |
1. Mengusul
agar disediakan anggaran untuk pembangunan gedung
yang memadai 2. Mengusul
untuk dilakukan pemutihan Gedung yang sudah rusak 3. Mengusul
untuk pengadaan lemari arsip dan sarana lain yang
mendukung proses KBM pada madrasah
|
|
5 |
Biaya |
1. Mempunyai
RKAM dari APBN 2. BOS 3. Komite |
1.
Menajdi
Madarasah marger 2.
Nilainya belum
memadai 3.
Penyusunan
RAPBM belum maksimal |
1.
Banyak
kebutuhan madrasah yang tidak bisa diakomodir 2.
Pagu UP
tdk bisa maksimal sesuai kebutuhan |
1.
Merencanakan
semua kebutuhan dalam anggaran 2.
Memaksimalkan
anggaran yang ada |
|
6 |
Program |
Memiliki Program kerja yang jelas |
Tidak didukung
dengan dana yang memadai |
Program tidak dapat
terealisasi dengan baik |
Selalu
berkoordinasi dengan instansi terkait |
Analisa
Peluang dan Tantangan yang ada dimasyarakat dan lingkungan sekitar.
|
NO. |
KOMPONEN |
PELUANG |
TANTANGAN |
|
1. |
Masyarakat
pendukung sekolah |
- Masyarakat
pendukung sekolah cukup memadai dan berada di lingkungan sekolah. |
Kurang
memahami pentingnya pendidikan anak |
|
2.
|
Komite
Madrasah |
- SDM Cukup Baik - Struktur
organisasi jelas. |
- Belum berperan
secara maksimal karena kesibukan. - Belum punya
ruang khusus, sarana prasarana tidak
ada. |
|
3. |
Dewan
Pendidikan |
- SDM cukup - Punya program. |
- Kurang ada
koordinasi dengan sekolah/pengurus Komite. |
|
4. |
Dinas
Pendidikan. |
- Hubungan
koordinasi berjalan baik.
|
- Masih
memila-mila antara sekolah dan Madrasah dalam kegiatan-kegiatan tertentu. |
|
5. |
Asosiasi
profesi |
- Punya
wadah KKG
dan KKKS.
|
- Pengurus
belum berperan secara maksimal dan berkesinambungan. - Anggota kurang
aktif di KKG dan KKKS. |
|
6. |
Dunia
Usaha dan Dunia Kerja. |
- Selalu berjajan |
- sudah memiliki Kantin namun belum memadai karena
tempat yang tidak strategis. |
|
7. |
SDA dan Sosial Budaya. |
- Tersedianya
halaman sekolah yang cukup. - Air
bersih menggunakan Sumur Bor |
-
Lingkungan kurang aman - penggunaan Air yang belum maksimal karena kemampuan listrik yang
rendah. |
C. Visi,
Misi, Tujuan dan Program Prioritas/ Keunggulan
1.
Visi
Terwujudnya Madarsah yang Berkualitas dan Menghasilkan Siswa yang Cerdas.
Terampil Beriman dan Bertakwa.
2.
Misi
a. Menyelenggarakan pendidikan secara dinamis, fleksibel,
terprogram selaras dengan perkembangan global
b. Menciptkan suasana Islami di lingkungan madarsah
c. Meningkatkan profesionalitas tenaga kependidikan
d. Meningkatkan kompetensi perserta didik secara berkesenambungan
dalam tiga ranah kognitif, psikomotor dan afektif.
e. Mendapatkan prestasi dalam bidang olehraga, seni dan
bentuk kompetensi lainnya
f.
Melanjutkan peserta didik agar dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan
lebih yang bermutu.
3.
Tujuan
MIN 6 Alor dalam mengelola
pendidikan untuk mencapai visi dan misi tersebut diatas pada tahun pembelajaran
2020/2021 memiliki tujuan sebagai berikut:
a.
Dapat
mengamalkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
b.
Dapat
mengamalkan nilai-nilai tatakrama dan berbudi pekerti luhur
c.
Dapat
mengamalkan kerpibadian yang demokratis, terbuka, dan patriotis.
d.
Memahami
dasar-dasar Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni.
e.
Dapat
mengamalkan sifat bertanggung jawab, dan rasa kesetiakawanan, sosial.
f.
Menumbuhkan cinta lingkungan
g.
Dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dan stekholder lainnya untuk
mengembangkan madrasa ke arah yang lebih baik
h.
Dapat mendorong generasi yang Islami dan berintegritas tinggi
i.
Dapat mempersiapkan diri menjadi Peserta didik yang mandiri dalam kehidupan
j.
Dapat
mengamalkan pola pikir yang beroreintasi masa depan.
k.
Dapat menegakkan Pancasila dan UUD 1945 serta NKRI
4. Program Prioritas/ Keunggulan
MIN
6 Alor sebagai sebuah lembaga pendidikan telah cukup lama berdiri dan
menunjukkan eksistensinya di dunia pendidikan. Meskipun demikian, kepercayaan
pada lembaga pendidikan yang sudah tua bisa saja berubah, jika tidak ada
perubahan-perubahan yang cukup mampu meyakinkan konsumen bahwa lembaga
pendidikan ini menawarkan apa yang dibutuhkan zaman. Karenanya “Bertahan
dari zaman dengan melakukan perubahan lebih baik daripada bertahan dengan apa
yang ada dan tergerus zaman.”
Tujuan
program pengembangan Mutu MIN 6 Alor adalah:
1)
Meningkatnya manajemen dan mutu pendidikan
2)
Meningkatnya kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
3)
Meningkatnya infrastruktur kependidikan di MIN 6 Alor
4)
Adanya sistem pendidikan yang tersistematis dan berkesinambungan
5)
Meningkatnya kepedulian orang tua terhadap anak didik
6)
Meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap pendidikan
7)
Meningkatnya moral anak didik dengan perilaku santun
8)
Meningkatnya prestasi siswa secara akademik
9)
Meningkatnya ketrampilan/ skill anak didik
10)
Terbentuknya kemampuan kepemimpinan
pada anak didik
Sasaran
program kerja ini adalah seluruh stake holder pendidikan, termasuk masyarakat
dan wali siswa
Program dan Gambaran
Program
a) Perbaikan
dan peningkatan manajemen pendidikan
Manajemen pendidikan meliputi kegiatan akademik dan
non akademik. Kegiatan akademik meliputi pengelolaan anak didik menyangkut
pengkondisian pra-belajar, proses belajar dan pasca belajar. Kegiatan non
akademik terkait dengan manajemen peningkatan lembaga
b) Peningkatan
Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasarana yang memadai akan mampu
meningkatkan prestasi anak didik. Lengkapnya sarana prasarana akan membantu
pembelajaran siswa
c)
Adanya konsep kurikulum berbasis Islam
Kurikulum berbasis Islam yang dimaksud adalah tinjauan
berbagai disiplin ilmu dengan pendekatan dari sisi Islam, sehingga ada
perbedaan antara kurikulum yang ada di MI dan SD. Program ini membutuhkan waktu
dan tenaga yang cukup besar, sehingga dimungkinkan langkah-langkah yang
bertahap
d) Adanya
pengembangan metode pembelajaran
Program Pengembangan metode pembelajaran diawali
dengan kegiatan supervise dari Madrasah. Supervisi ini dalam rangka
mengevaluasi dan meningkatkan kinerja guru, sehingga anak didik lebih
menyenangkan dan menguasai dalam pembelajaran
e) Peningkatan
kinerja guru dan karyawan
Pendidik dan tenaga kependidikan berperan sangat
penting dalam peningkatan mutu pendiidkan. Masing-masing saling melengkapi
karena terkait degan manajemen pendidikan. Dengan peningkatan kinerja ini, guru
dan karyawan bisa lebih baik dalam melayani kebutuhan anak didik
f) Meningkatnya
komunikasi sekolah-keluarga
Kerjsama madrasah dan keluarga sangat diperlukan dalam
membentuk karakter anak didik. Kerjasama ini mamapu membangun anak didik secara
mental khususnya, sehingga anak didik dapat menjadi anak yang memegang teguh
nilai-nilai moral
g) Adanya
peran masyarakat dalam pendidikan
Masyakat adalah entitas dinamis yang memegang peran
penting dalam hidup atau matinya sebuah lembaga. Kerjasama dan peningkatan
kepercayaan terhadap lembaga pendidikan akan memperbesar lembaga pendidikan itu
sendiri. Disamping itu, peran masyarakat sangat besar mengingat bahwa
perkembangan anak didik sangat besar dipengaruhi oleh lingkungan
h) Peningkatan
nilai raport dan perilaku siswa
Prestasi siswa tercermin dalam nilai dalam raport.
Nilai raport ini tidak hanya sekedar nilai kognitif saja, tetapi juga afektif
dan psikomotornya. Arah pendidikan yang dimaksud disini kemudian adalah
optimalnya kecerdasan-kecerdasan siswa
i) Peningkatan
prestasi siswa
Eksistensi lembaga dan siswa penting untuk
ditunjukkan, disamping meningkatkan semangat dan kinerja lembaga, mencapai
prestasi tertentu akan membuat lembaga pendidikan dapat meningkat
Waktu
Dan Jangka Program
a)
Jangka Pendek
Jangka pendek program pendidikan berlangsung selama
satu tahun. Target dari program satu tahun ini adalah
(1).
pembangunan internal dengan meningkatnya kedisiplinan siswa, guru,
karyawan di MIN 6 Alor
(2). Pembenahan administrasi juga
menjadi prioritas pertama sehingga tersedia data base yang mudah dan dapat
diakses semua orang.
(3). Eksistensi lembaga dengan adanya
sosialisasi ke masyarakat tentang MIN 6 Alor, karena selama ini madarsah ini
masi dikelola oleh masyarakat dalam bentuk swasta ( MIS Al-hidayah Kalabahi ).
b)
Jangka Menengah
Program jangka menengah ini berlangsung selama tiga
tahun. Menargetkan adanya sistem pendidikan yang tersistematis, actual dan
mengarusutamakan (mainstreaming) hak anak dan moral. Mainstreaming yang
dimaksud dilatarbelakangi oleh dekadensi moral anak yang terjadi pada masa
sekarang. Bentuknya adalah pelaksanaan pembelajaran yang menyenangkan, namun
punya arahan tertentu sehingga prestasi anak didik dapat meningkat
c)
Jangka Panjang
Program jangka panjang ini dilaksanakan selama satu
dekade atau selama kepemimpinan yang ada saat ini. Langkah demi langkah dalam
pelaksanaan program pengembangan mutu madrasah akan menciptakan
(1). Program pendidikan yang tersistematis
(2). Meningkatnya prestasi akademik dan non akademik
siswa
(3). Meningkatnya prestise lembaga pendidikan
(4). Menjadi lembaga pendidikan yang
bermutu dengan keunggulan Entreprenurship dan Hafidz
|
NO |
PROGRAM |
KEGIATAN |
SASARAN |
TANGGUNGJAWAB |
ALOKASI DANA |
|
Perbaikan dan peningkatan manajemen
pendidikan |
Penyusunan RAPBM |
Kamad |
Kamad |
Lihat R-KAM |
|
|
Pendataan Siswa baru |
Siswa |
TU |
Lihat R-KAM |
||
|
Pendataan alumni |
Siswa |
TU |
Lihat R-KAM |
||
|
Penyusunan Jadwal Pembelajaran |
Siswa/ guru |
Koordi. Pendidikan |
Lihat R-KAM |
||
|
Pendokumentasian Kegiatan Madrasah |
Siswa/ guru/ karyawan |
TU dan Koordinator-Koordinator |
Lihat R-KAM |
||
|
Peningkatan Sarana prasarana |
Inventarisasi sarana prasarana
madrasah |
TU |
TU |
Lihat R-KAM |
|
|
Pembangunan Ruang Belajar Baru Lantai
II |
Kamad |
Kamad |
Lihat R-KAM |
||
|
Penambahan unit computer Dan Infokus |
Siswa |
Koordi. Pendidikan |
Lihat R-KAM |
||
|
Pemasangan jaringan internet dan Wifi |
Siswa |
Koordi. Pendidikan |
Lihat R-KAM |
||
|
Penambahan sarana laboratorium IPA |
Siswa |
Koordi. Pendidikan |
Lihat R-KAM |
||
|
Penambahan ruang praktek Pembuatan Kue
dan Panganan Khas Alor |
Siswa |
Koordi. Pendidikan |
Lihat R-KAM |
||
|
Adanya konsep kurikulum berbasis Islam |
Fokus Group discussion |
Guru |
Koordi. Pendidikan |
Lihat R-KAM |
|
|
Revisi KTSP |
Guru |
Koordi. Pendidikan |
Lihat R-KAM |
||
|
peningkatan kinerja guru &
karyawan |
TOT untuk guru |
Guru |
Koordi. Pendidikan |
Lihat R-KAM |
|
|
Supervisi |
Guru |
Kamad |
Lihat R-KAM |
||
|
Penyusunan rumusan Pembagian tugas dan
uraiannya |
Guru, karyawan |
Kamad |
Lihat R-KAM |
||
|
Pemberian penghargaan pada guru/
karyawan berprestasi |
Guru |
Kamad |
Lihat R-KAM |
||
|
Internalisasi nilai |
Guru, karyawan |
Kamad |
Lihat R-KAM |
||
|
Adanya komunikasi sekolah-keluarga |
Pertemuan intensif dengan wali murid
melalui wadah KOMITE Madarsah |
Wali murid |
Koordi. Pendidikan |
Lihat R-KAM |
|
|
Adanya peran masy dalam pendidikan |
Rembug warga |
Masyarakat |
Koordi. Pendidikan |
Lihat R-KAM |
|
|
Meningkatnya nilai raport dan perilaku
siswa |
Optimalisasi peran Guru Kelas dan Guru
PAI |
Wali Kelas |
Kamad |
Lihat R-KAM |
|
|
Pemberian reward & punishment |
Siswa |
Wali Kelas |
Lihat R-KAM |
||
|
Optimalisasi media ekskul, & pengembangan
diri |
Siswa |
Koordi. Pendidikan Wali Kelas |
Lihat R-KAM |
||
|
Adanya prestasi yang dicapai siswa |
Pemberian reward & punishment |
Siswa |
Koordi. Pendidikan Wali Kelas |
Lihat R-KAM |
|
|
Pendisiplinan |
Siswa |
Koordi. Pendidikan Wali Kelas |
Lihat R-KAM |

Tidak ada komentar